Belajar MySQL PHP Melalui XAMPP


XAMPP adalah merupakan paket instalasi webserver yang terdiri dari MySQL, PHP. Dengan adanya paket Webserver ini sungguh sangat membantu serta memudahkan bagi para penggunanya yang ingin membuat suatu Aplkasi Web Base dengan Platform PHP atau Website. Kelebihan dari paket XAMPP ini ialah terdapat PHP Switch didalamnya, sehingga sangat memudahkan untuk menswitch dari PHP.

Localhost XAMPP

Begitu pula anda harus memeriksa Services Webserver yang harus berjalan dengan baik, mengaktifkan XAMPP Control Panel.
XAMPP Service Control
Selanjutnya untuk program pendukung lain kita harus menyiapkan Dreamweaver. DW ini adalah sebuah aplikasi yang sering digunakan untuk mendesain dan membangun sebuah website atau aplikasi yang berbasis web. Dukungan DW dalam hal ini (Dreamweaver.8), terhadap PHP itu sudah tidak bisa diragukan lagi. Ini dikarenakan Microsoft Visualstudio.net sangat baik dalam mendukung Platform ASP.NET dan webserver IIS.
Dreamweaver 8

  • Memulai PHP

Seperti yang dijelaskan sebelumnya tentang Webserver XAMPP, maka di Drive C terdapat folder XAMPP. Kemudian carilah folder htdocs. Karena didalam folder ini semua file-file akan tersimpan baik itu php, html, js dll.

Folder htdocs
Bukalah folder tersebut, lalu buat kembali folder baru didalamnya dan beri nama sesuka anda (contoh : belajarphp). Sehingga di folder ini kita nanti akan memulai latihan membuat php. Disini kita akan mencoba membuat script php yang sederhana dan menjalankannya di Web Browser.

Bukalah DW 8, setelah muncul area kerja DW8, pada start menu di tab Create New maka pilih Dreamweaver Site, atau pada taskbar pilih menu site > new site.

Tampilan Utama Dreamweaver
Kita akan membuat suatu directory untuk menyimpan file-file PHP yang akan dibuat pada folder belajarphp yang telah kita buat sebelumnya. Ikuti langkah-langkahnya sesuai dengan gambar dibawah ini.

Langkah 1
Langkah 1 : (Editing Files) Isikan saja belajarphp sesuai dengan folder/ directory yang telah kita buat sebelumnya (C:\xampp\htdocs\belajarphp), lalu klik next.

Langkah 2
Langkah 2 : (Editing Files, Part2) aktifkan pilihan Yes, dan pilihlah PHP MySQL, lalu klik next.




Langkah 3
Lagkah 3 : (Editing Files, Part ), , browser dan carilah directory belajarphp yang telah kita buat sebelumnya dalam folder htdocs (C:\xampp\htdocs\belajarphp), lalu klik next.

Langkah 4
Langkah 4 : (Testing Files) pilih Local/ Network  , lalu cari directory belajarphp (C:\xampp\htdocs\belajarphp) pada pilihan beri tanda check pada Refresh remote file list automatically, lalu klik next.

Langkah 5
Langkah 5 : (Testing Files, Part 2), pada isian  Ketikan http//localhost/belajarphp/, alamat URL inilah yang nantinya akan kita akses untuk dapat melihat tampilan PHP yang kita buat di web browser. Klik Test URL apabila sukses maka muncul pesan bertuliskan The URL Prefix test was successful, klik OK, lalu klik next.
Langkah 6
Langkah 6 (Sharing Files), biarkan default, langsung saja klik next, maka anda telah berhasil membuat directory dimana nanti kita akan menyimpan file-file website kita. Lihat informasi yang tertera di Summary (Gambar Hasil akhir).
Langkah 7
Untuk menguji berhasil atau tidaknya directory yang telah dibuat, silahkan buka browser anda, lalu ketikan http://localhost/belajarphp/ pada URL, maka tampilannya akan seperti gambar dibawah ini.

Hasil akhir Browser
Sekarang cobalah buat sebuah halaman yang di dalamnya terdapat skrip PHP, lalu simpan saja dengan nama hello.php. Buka aplikasi DW anda, pada taskbar pilih file > New, lalu pilih PHP dan klik tombol create.







Categories: Share

SELAMAT DATANG

DINAS PERHUBUNGAN PROVINSI KOMINFO SULBAR

KOMUNITAS KOMINFO

Daftar Anggota

Untuk melihatnya : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Daftar jadi member